Show simple item record

dc.contributor.authorE.P, Rizky Oktaviana
dc.date.accessioned2016-03-31T02:21:06Z
dc.date.available2016-03-31T02:21:06Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationBattista, M.T. (1990). Spatial Visualization and Gender Differences in High School Geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 21 (3), 47-60. Clements, Douglas H. (1998). Geometric and Spatial Thinking in Young Children. Opinion paper National Science Foundation. Hannafin, Robert D., Truxaw, Mary P., Vermillion, Jennifer R., Liu, Yingjie. (2010). Effects of Spatial Ability and Instructional Program on Geometry Achievement. The Journal of Educational Research Volume 101, Issue 3. DOI: 10.3200/JOER.101.3.148-157 Hudojo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang : Universitas Negeri Malang Kayhan, E.B. (2005). Investigation of High School Students’ Spatial Ability. Dissertation, Ankara: Middle East Technical University. McGee, M.G. (1979). Human spatial abilities: psychometric studies and environmental , genetic, hormonal and influences. Psychological Bulletin, 86 (5), 889-918. NCTM. (2000). Learning and Teaching Geometry, K-12. Rseton, Virginia: National Council of Teachers of mathematics. Olkun, Sinan & N. Beylem Sinoplu. (2008). The Effect of Pre-Engineering Activities on 4th and 5th Grade Students’ Understanding of Rectangular Solids Made of Small Cubes. Int Online J Science Math Ed vol 8 pp 1-9 Orton, Anthony. (2004). Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. Third Edition. London: Continuum Polya, G. (2004). How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition. Princeton: Princeton University Press Rabab’h, Belal & Arsaythamby Veloo. (2015). Spatial Visualization as Mediating between Mathematics Learning Strategy and Mathematics Achievement among 8th Grade Students. International Education Studies; Vol. 8, No. 5. doi:10.5539/ies.v8n5p1 Scandpower, Fenna van Nes & Michiel Doorman. (2014). Fostering Young Children’s Spatial Structuring Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education – IΣJMΣ vol 6 pp 27- 30. Tambunan, Siti Marliah. (2006). Hubungan antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika. Makara, sosial humaniora, vol. 10, no. 1, pp. 27-32 Turğut, Melih & Süha Yılmaz. (2012). Relationships Among Preservice Primary Mathematics Teachers’ Gender, Academic Success and Spatial Ability. International Journal of Instruction. Vol.5, No.2 e-ISSN: 13081470 . www.e-iji.net Verdine, Brian N., dkk. (2013). Deconstructing Building Blocks: Preschoolers’ Spatial Assembly Performance 1 Relates to Early Mathematical Skills. CDEV journal. Child Development, pp 1–14. DOI: 10.1111/cdev.12165 Williams, C.B. et al. (2010). Exploring Spatial Reasoning Ability and Design Cognition in Undergraduate Engineering Students, Proceedings of the ASME 2010 International Design Engineering Technical Conference & Computers and Information in Engineering Conference, 1-8. Yenilmez, Kursat & Ozlem Kakmaci. (2015). Investigation of the Relationship between the Spatial Visualization Success and Visual/Spatial Intelligence Capabilities of Sixth Grade Students. International Journal of Instruction. Vol. 8 no. 1. Pp 189-204 Yılmaz, H.B. (2009). On the Development and Measurement of Spatial Ability, International Electronic Journal of Elementary Education, 1 (2), 83-96.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6975
dc.description.abstractSalah satu cabang ilmu dalam matematika yang telah diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi adalah Geometri. Siswa dituntut untuk dapat membayangkan suatu benda dalam benak mereka (visual spasial ) dalam penyelesaian masalah geometri. Sebagai contoh jika siswa diminta untuk menemukan volum suatu benda ruang maka siswa harus dapat membayangkan bagaimana bentuk benda tersebut serta menentukan cara untuk menyelesaikannya..Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menemukan jumlah kubus yang ada di dalam suatu benda, bahkan siswa yang berada di Sekolah Menengah Atas masih mengalami kesulitan.salah satu kemampuan yang memegang peranan penting dalam menunjang kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri adalah kemampuan spasial. Tujuan dari penelitian kajian literatur ini adalah untuk menunjukkan bahwa kemampuan spasial memiliki hubungan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya masalah geometri. Kemampuan spasial siswa dapat dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan cara siswa dalam menyelesaikan masalah. Dalam pembelajaran geometri diharapkan guru dapat memberikan suatu model yang merepresentasikan konsep geometri sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkemampuan spasialin_ID
dc.subjectpermsalahan geometriin_ID
dc.titlePeran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record