Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp pada Materi Aritmetika Sosial
Abstract
Hasil observasi menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa masih rendah,
sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah
model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction(ARIAS) dengan
memanfaatkan media lingkungan. Dalam penerapannya, model pembelajaran ARIAS berusaha
menanamkan rasa percaya diri siswa akan berhasil menyelesaikan tugas-tugas belajarnya, serta
berusaha menarik dan memelihara minat atau perhatian siswa dalam proses pembelajaran
berlangsung. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh
model pembelajaran ARIAS berbantu media lingkungan terhadap: 1) minat belajar matematika
siswa SMP pada materi Aritmetika Sosial dan 2) hasil belajar matematika siswa SMP padamateri
Aritmetika Sosial. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan sampel penelitian siswa kelas VII
SMPN 2 Pungging Mojokerto.