dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. (2002a). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2002a). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :BinaAksara. Rynugraha, A. A., &Edy Sulistyo.(2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction)pada Standar Kompetensi Memperbaiki Compact Cassette RecorderKelas XI TAV 1 di SMK Negeri 7 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2 Nomor 2, Tahun2013,771-777.Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&c d=6&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjB69eUwrbLAhXCkY4KHUs LCRkQFgg5MAU&url=http%3A%2F%2Fejournal.unesa.ac.id Brown, M., Brown, P., & Bibby, T. (2008). “I would rather die” : reasons given by 16-year-olds for not continuing their study of mathematics. Research in Mathematics Education,10:1, 3-18. Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Keller, John M. dan Thomas W. Kopp. (1987). An Application of The ARCS Model of Motivational Design, dalam Charles M. reigeluth (ed), Instructional Theories in Action. Hillsdale, NJ : Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. Murray, Sara. 2011. Declining participation in post-compulsory secondary school mathematics : students’ views of and solutions to the problems. Research in Mathematics Education, 13:269-285. Prawiradija, D. S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta:PutraGrafika. Rizal, Muh. (2011). “Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Metode Ekspositori Di Kelas XI SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene”.Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Rynugraha, A. A., &Edy Sulistyo.(2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction)pada Standar Kompetensi Memperbaiki Compact Cassette RecorderKelas XI TAV 1 di SMK Negeri 7 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2 Nomor 2, Tahun2013,771-777.Diaksesdari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&c d=6&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjB69eUwrbLAhXCkY4KHUs LCRkQFgg5MAU&url=http%3A%2F%2Fejournal.unesa.ac.id Sudjana. (1996). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Metode Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Susanti, Debby Dwi. (2013). “Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Komputer pada Materi Bola”. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep,Landasan,dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group. | in_ID |
dc.description.abstract | Hasil observasi menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa masih rendah,
sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah
model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction(ARIAS) dengan
memanfaatkan media lingkungan. Dalam penerapannya, model pembelajaran ARIAS berusaha
menanamkan rasa percaya diri siswa akan berhasil menyelesaikan tugas-tugas belajarnya, serta
berusaha menarik dan memelihara minat atau perhatian siswa dalam proses pembelajaran
berlangsung. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh
model pembelajaran ARIAS berbantu media lingkungan terhadap: 1) minat belajar matematika
siswa SMP pada materi Aritmetika Sosial dan 2) hasil belajar matematika siswa SMP padamateri
Aritmetika Sosial. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan sampel penelitian siswa kelas VII
SMPN 2 Pungging Mojokerto. | in_ID |