Studi Komparasi Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif 5E dan STAD
Date
2016-03-12Author
Ardina, Fimmatur Rizka
Purwanto
Sa’dijah, Cholis
Metadata
Show full item recordAbstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah
untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan
keterampilan komunikasi matematis siswa. Komunikasi matematis ini difokuskan pada komunikasi matematis
lisan dan tulisan. Adapun indikator kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang diturunkan dari NCTM
(2000) adalah sebagai berikut. Indikator kemampuan komunikasi matematika tulis yaitu: (1) menyatakan
benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam
bahasa atau simbol matematika Sedangkan indikator kemampuan komunikasi lisan, yaitu: (1) menjelaskan
ide matematis secara koheren dan jelas kepada teman, guru dan orang lain, dan (2) menganalisis dan
menilai pemikiran dan strategi matematis orang lain. Proses membandingkan dalam penelitian ini akan
didasarkan pada penelitian-penelitian terdahulu dan juga berdasarkan teori-teori tentang pembelajaran
kooperatif tipe 5E dan STAD. Hasil dari penelitian kajian teori ini adalah model pembelajaran kooperatif
tipe 5E lebih dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis tulis siswa dibanding STAD