dc.identifier.citation | Afifah, Dian Septi Nur. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia. 1 (2) : 145-151. Ansari, B. I. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandung : UPI Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publising Company. Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Isjoni, H. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Iskandar, Srini M. (2011). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Kontruktivis. Malang : Bayu Media Publishing. Tuna, Abdul Kadir. & Kacar, Ahmed. (2013). The effect of 5E Learning Cycle Model In Teaching Trigonometry On Student’s Academic Achievement And The Permanence Of Their Knowledge. International Journal On New Trends In Education and Their Implication. 4 (7) : 73-86. Marthin, Herlina. (2012). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-G SMPN 07 Malang Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel”. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang. Hardiyasa, I Made., Suma, Ketut. & Sadia, I Wayan. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Berprestasi Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 4. Hernawati, Kuswari. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 9 November. Huggins, B., & Maiste, T. (1999). Communication in mathematics. Master’s Action Research Project, St. XavierUniversity & IRI/Skylight. McCartney, Sheila. (2009). Making Better Problem Solvers though Oral and Written Communication. Universitas of Nebraska :Lincoln National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author. Sejati, Endah Octaningrum W. (2015). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 14November. Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media Subanindro. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Berorientasikan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 10 November. Suhaedi, Didi. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 10 November. Susanti, Sarah W. (2015). MPL Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Balik Papan. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 14 November. Trisnawati. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Makalah disajikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 14 November. Ufuk, Toman. (2013). Extended Worksheet Developed According to 5E Model Based Learning On Constructivist Learning Approach. International Journal On New Trends In Education and Their Implication, 4 (16) : 173183. Widyantini. (2008). Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta : Depdiknas | in_ID |
dc.description.abstract | Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kajian teori. Tujuan penelitian ini adalah
untuk membandingkan kemampuan model pembelajaran kooperatif tipe 5E dan STAD dalam meningkatkan
keterampilan komunikasi matematis siswa. Komunikasi matematis ini difokuskan pada komunikasi matematis
lisan dan tulisan. Adapun indikator kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang diturunkan dari NCTM
(2000) adalah sebagai berikut. Indikator kemampuan komunikasi matematika tulis yaitu: (1) menyatakan
benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam
bahasa atau simbol matematika Sedangkan indikator kemampuan komunikasi lisan, yaitu: (1) menjelaskan
ide matematis secara koheren dan jelas kepada teman, guru dan orang lain, dan (2) menganalisis dan
menilai pemikiran dan strategi matematis orang lain. Proses membandingkan dalam penelitian ini akan
didasarkan pada penelitian-penelitian terdahulu dan juga berdasarkan teori-teori tentang pembelajaran
kooperatif tipe 5E dan STAD. Hasil dari penelitian kajian teori ini adalah model pembelajaran kooperatif
tipe 5E lebih dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis tulis siswa dibanding STAD | in_ID |