Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras
Date
2016-03-12Author
Warih S, Pratiwi Dwi
Parta, I Nengah
Rahardjo, Swasono
Metadata
Show full item recordAbstract
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran sekolah tidak bisa terpisah dari disiplin ilmu lain
dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis merupakan salah satu standar proses
NCTM. Melalui koneksi matematis antara suatu materi dengan materi lainnya siswa dapat
menjangkau beberapa aspek untuk penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTsN Kota Probolinggo pada materi
Teorema Pythagoras. Subjek terdiri dari 30 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes
kemampuan koneksi matematis siswa dan hasil wawancara. Hasil tes dianalisis sesuai indikator
kemampuan koneksi matematis siswa, yaitu mampu menerapkan konsep yang telah dipelajari
sebelumnya dengan konsep yang terdapat pada Teorema Pythagoras. Berdasarkan hasil analisis
data, bahwa kemampuan koneksi matematis siswa MTsN Kota Probolinggo masih rendah. Hal ini
terbukti bahwa siswa tidak dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari sebelumnya dengan
konsep Teorema Pythagoras, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Siswa
mengalami kesulitan dalam memahami soal karena siswa masih bingung dan belum mampu
memaknai kalimat yang disajikan. Selain itu siswa lupa dengan materi Teorema Pythagoras. Siswa
juga kebingungan dalam memilih konsep yang harus digunakan dalam menyelesaikan soal. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah mengenai
kemampuan koneksi matematis siswa. Mengingat pentingnya koneksi matematis dan fakta
mengenai kemampan koneksi matematis siswa, diharapkan guru mampu merancang kegiatan
pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa.