Diagnosis Kesulitan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Dan Pemberian Scaffolding
Date
2016-03-12Author
Sari, Nur Indha Permata
Subanji
Hidayanto, Erry
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesulitan penalaran matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah pola bilangan, serta bentuk scaffolding untuk mengatasi kesulitan
penalaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan Trenggalek yang dipilih berdasarkan kesalahan
dalam tes diagnostik dan kemampuan komunikasi.Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu
tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan tindakan (scaffolding).Data
penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data penelitian ini adalah lembar hasil
jawaban siswa, rekaman selama tes dan proses scaffolding, dan lembaran scaffolding. Aktivitas
analisis data adalah (1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, (2) membaca
keseluruhan data, (3) menganalisis lebih detail dengan meng – coding data, (4) menerapkan proses
coding, (5) menunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali
dalamlaporan kualitatif serta (6) memaknai data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan
yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan yaitu (1)menentukan pola dan
struktur untuk mendeteksi keteraturan, (2) merumuskan generalisasi dari dugaan tentang
keteraturan yang diobservasi, (3) mengevaluasi dugaan, dan (4) membangun dan mengevaluasi
argumen matematika. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pemberian scaffolding dapat
mengatasi kesulitan penalaran matematis siswa.