Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII
SMP dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus
yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif melalui tiga
tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Validasi data dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian, pertama penerapan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman
konsep siswa kelas VII SMP. Kedua peningkatan pemahamn konsep matematika yaitu 1) siswa yang
mampu menyatakan ulang sebuah konsep kondisi awal 10 siswa (45,45%), siklus I menjadi 13 siswa
(59,09%) dan siklus II menjadi 18 siswa (81,82%), 2) siswa yang mampu memberi contoh dan noncontoh
dari
konsep
kondisi
awal
6
siswa
(27,27%),
siklus
I
menjadi
10
siswa
(45,45%)
dan
siklus
II
menjadi
15 siswa (68,18%), 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih
prosedur atau operasi tertentu kondisi awal 9 siswa (40,90%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan
siklus II menjadi 19 siswa (86,36%), 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma
pemecahan masalah kondisi awal 8 siswa (36,36%), siklus I menjadi 12 siswa (54,55%), dan siklus II
menjadi 17 siswa (77,27%).