dc.contributor.author | Purwaningsih, Ayu | |
dc.contributor.author | Ariyanto | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T02:45:54Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T02:45:54Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol. 1 No.2, 192-202 Ahmad, Zulpahmi. 2014. Improving Students Speaking Ability By Using Reciprocal Teaching Strategy At The Twelve Grade Students of SMKN 1 Rambah Rokan Hulu Regency. Jurnal Ilmiah Edu Research, Vol.3 No.1, 17-20 Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi dan Standart Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas Gita, Pisca., Dantes, dan Sariyasa. 2014. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. E-jurnal Program Pascasarjana Univeritas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, No.4 Herman, Nurul Atiqah., Irwan, dan Nilawasti ZA. 2014. Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1, 13-17 Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rusda Karya Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ismail, Sarimah dan Atan Abreza. 2011. Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam Pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokasional di Fakultas Pendidikan UTM. Jurnal of Educational Psychology and Counseling, Vol.2, 133-144 ISSN 2231-735X. Qohar, Abdul dan Utari Sumarmo. 2013. Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS.J.M.E, Vol. 4 No.1, 59-74 Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6981 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII
SMP dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus
yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan
lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif melalui tiga
tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Validasi data dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian, pertama penerapan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman
konsep siswa kelas VII SMP. Kedua peningkatan pemahamn konsep matematika yaitu 1) siswa yang
mampu menyatakan ulang sebuah konsep kondisi awal 10 siswa (45,45%), siklus I menjadi 13 siswa
(59,09%) dan siklus II menjadi 18 siswa (81,82%), 2) siswa yang mampu memberi contoh dan noncontoh
dari
konsep
kondisi
awal
6
siswa
(27,27%),
siklus
I
menjadi
10
siswa
(45,45%)
dan
siklus
II
menjadi
15 siswa (68,18%), 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih
prosedur atau operasi tertentu kondisi awal 9 siswa (40,90%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan
siklus II menjadi 19 siswa (86,36%), 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma
pemecahan masalah kondisi awal 8 siswa (36,36%), siklus I menjadi 12 siswa (54,55%), dan siklus II
menjadi 17 siswa (77,27%). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pemahaman konsep | in_ID |
dc.subject | pembelajaran matematika | in_ID |
dc.subject | Reciprocal Teaching | in_ID |
dc.title | Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |