Meningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika
menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X
MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan
(action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model
pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dilakukan dengan
cara: (a) pembagian kelompok yang terdiri dari keragaman tingkat kemampuan akademik,
gender, suku, ras, dan budaya; (b) mendorong setiap siswa untuk mengemukakan pendapat dalam
menyelesaikan masalah, baik secara tertulis maupun lisan; (c) membiasakan siswa membuat
kesepakatan untuk menentukan jawaban/penyelesaian terbaik, apabila terdapat perbedaan
jawaban/penyelesaian dari suatu masalah; dan (d) menyajikan masalah terbuka yang menuntut
beragam cara penyelesaian dan atau beragam jawaban, agar siswa terbiasa saling berargumen,
saling mendiskusikan, saling memberi dan menerima saran dan kritik, serta saling menghargai
satu sama lain.