Show simple item record

dc.contributor.authorApino, Ezi
dc.date.accessioned2016-03-31T02:58:28Z
dc.date.available2016-03-31T02:58:28Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAlfieri, L. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning? Journal of Educational Psychology.103(1). 1-18. Arends, R. I. (2008). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitmo Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York, NY: McGraw Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2007). Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Carson. (2012). The Intolerance. Cambrige, UK: Wm.B. Eerdmasn Publishing. Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir. (Terjemahan Satrio Wahono). Jakarta: Permata Puri Media. (Buku asli diterbitkan tahun 2012). Huda, M. (2014). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hopkins, D. (2008). A teacher’s guided to classroom research (4 Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 429 Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016 th ed). London, UK: McGraw Hill. Joolingen, W. V. (1999). Cognitive tools for discovery learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 10, 385-397. Lickona, T. (2012). Educating for Character. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). New York, NY: Times Company. (Buku asli diterbitkan tahun 1991). Marsh, C. (2010). Becoming a teacher: Knowledge, skills and issues (5 th ed). Frenchs Forest, NSW: Pearson. Mayer, R. E. (2004). Should there be a three-strikes rule against pure discovery learning; the case for guided method of instruction. American psychologist. 59(1), 14-19. Mendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013, tentang Standar Proses. Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Naim, N. (2012). Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ricoeur, P. (1996). Tolerance between Intolerance and Intorable. Mexico: Western Newspaper Publishing. Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan Narulita Nusron). Bandung: Nusa Media. (Buku asli diterbitkan tahun 2005). UNESCO. (1995). Declaration of principles on tolerance, paris at the twentyeighth session of the general conference, from 25 October to 16 November 1995. Westwood, P. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Camberwell, VIC: ACER Press.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6983
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dilakukan dengan cara: (a) pembagian kelompok yang terdiri dari keragaman tingkat kemampuan akademik, gender, suku, ras, dan budaya; (b) mendorong setiap siswa untuk mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah, baik secara tertulis maupun lisan; (c) membiasakan siswa membuat kesepakatan untuk menentukan jawaban/penyelesaian terbaik, apabila terdapat perbedaan jawaban/penyelesaian dari suatu masalah; dan (d) menyajikan masalah terbuka yang menuntut beragam cara penyelesaian dan atau beragam jawaban, agar siswa terbiasa saling berargumen, saling mendiskusikan, saling memberi dan menerima saran dan kritik, serta saling menghargai satu sama lain.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectguided discoveryin_ID
dc.subjectpembelajaran kooperatifin_ID
dc.subjectpembelajaran matematikain_ID
dc.subjectThink Pair Sharein_ID
dc.subjecttoleransi siswain_ID
dc.titleMeningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharein_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record