Upaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan
pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA
1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2015/2016. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada
bulan Oktober – November 2015 di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya
terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan
refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kritis siswa secara bertahap
mengalami kenaikan dari kategori sedang dengan rata-rata 134,09 menjadi kategori tinggi
dengan rata-rata 163,25. Dengan demikian, untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui
pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting TAI dapat dilakukan dengan
cara: (a) mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap individu, (b) menyusun Lembar
Kegiatan Siswa (LKS) yang memfasilitasi siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuan dengan
cara menyusun pertanyaan-pertanyaan yang relevan, (c) mendorong siswa untuk dapat saling
belajar dengan kelompok yang heterogen, dan (d) mendorong siswa untuk berani menyampaikan
pendapat dalam menyelesaikan masalah.