dc.identifier.citation | Abdussakir. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing. Diakses dari http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran matematika-dengan-problem-posing/ Ennis, R. H. (1985). Goals for A Critical Thinking Curriculum. In Costa, A. L. (Eds.). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria, VA: ASCD. Jensen, Eric. (2008). Brain based learning. (Terjemahan Narulita Yusron). California: Corwin Press. Judge, B., Jones, P. & McCreery. (2009). Critical Thinking Skills for Education Students. Exeter: Learning Matters Ltd. Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner doing Critical Participatory Action Research. Singapura: Springer. Krulik, S. & Rudnick, J.A. (1999). Innovative Task to Improve Critical and Creative Thinking Skill. In Lee V. S. & Frances R. C. (Eds.). Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston, VA: NCTM. Mahmudi, Ali. (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika. Diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNPAD Bekerjasama dengan Departemen Matematika UI, 13 Desember 2008 (hal 1-10). Diakses dari http://staff.uny.ac.id /sites/default/files/penelitian/Ali Mendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. . (2006). Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP). Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Tri Wibowo). New York: McGraw-Hill Company. Siswono, Tatag Yuli Eko. (2000). Pengajuan Soal (Problem Posing) oleh Siswa dalam Pembelajaran Geometri di SLTP. Makalah Seminar Nasional Matematika. Diselenggarakan oleh ITS Surabaya, 2 November 2000 (hal 7-12). Diakses dari http://s3.amazonaws.com/academia.edu. documents/31423364/paper00_posing2.pdf . (2010). Mengevaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Berpikir Kreatif. Makalah Seminar Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10 April 2010 (hal 1-13). Diakses dari http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31599049/Makalah _UNPKediri.pdf Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston, MA: Pearson. . (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Penerbit Nusa Media. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan
pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA
1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2015/2016. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada
bulan Oktober – November 2015 di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya
terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan
refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kritis siswa secara bertahap
mengalami kenaikan dari kategori sedang dengan rata-rata 134,09 menjadi kategori tinggi
dengan rata-rata 163,25. Dengan demikian, untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui
pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting TAI dapat dilakukan dengan
cara: (a) mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap individu, (b) menyusun Lembar
Kegiatan Siswa (LKS) yang memfasilitasi siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuan dengan
cara menyusun pertanyaan-pertanyaan yang relevan, (c) mendorong siswa untuk dapat saling
belajar dengan kelompok yang heterogen, dan (d) mendorong siswa untuk berani menyampaikan
pendapat dalam menyelesaikan masalah. | in_ID |