Show simple item record

dc.contributor.authorZarkasyi, Chairun Nisa
dc.date.accessioned2016-03-31T03:07:08Z
dc.date.available2016-03-31T03:07:08Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAbdussakir. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing. Diakses dari http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran matematika-dengan-problem-posing/ Ennis, R. H. (1985). Goals for A Critical Thinking Curriculum. In Costa, A. L. (Eds.). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria, VA: ASCD. Jensen, Eric. (2008). Brain based learning. (Terjemahan Narulita Yusron). California: Corwin Press. Judge, B., Jones, P. & McCreery. (2009). Critical Thinking Skills for Education Students. Exeter: Learning Matters Ltd. Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner doing Critical Participatory Action Research. Singapura: Springer. Krulik, S. & Rudnick, J.A. (1999). Innovative Task to Improve Critical and Creative Thinking Skill. In Lee V. S. & Frances R. C. (Eds.). Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston, VA: NCTM. Mahmudi, Ali. (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika. Diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNPAD Bekerjasama dengan Departemen Matematika UI, 13 Desember 2008 (hal 1-10). Diakses dari http://staff.uny.ac.id /sites/default/files/penelitian/Ali Mendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. . (2006). Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP). Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Tri Wibowo). New York: McGraw-Hill Company. Siswono, Tatag Yuli Eko. (2000). Pengajuan Soal (Problem Posing) oleh Siswa dalam Pembelajaran Geometri di SLTP. Makalah Seminar Nasional Matematika. Diselenggarakan oleh ITS Surabaya, 2 November 2000 (hal 7-12). Diakses dari http://s3.amazonaws.com/academia.edu. documents/31423364/paper00_posing2.pdf . (2010). Mengevaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Berpikir Kreatif. Makalah Seminar Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10 April 2010 (hal 1-13). Diakses dari http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31599049/Makalah _UNPKediri.pdf Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston, MA: Pearson. . (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Penerbit Nusa Media.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6984
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization (TAI) di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2015/2016. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada bulan Oktober – November 2015 di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kritis siswa secara bertahap mengalami kenaikan dari kategori sedang dengan rata-rata 134,09 menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 163,25. Dengan demikian, untuk meningkatkan sikap kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting TAI dapat dilakukan dengan cara: (a) mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap individu, (b) menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memfasilitasi siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuan dengan cara menyusun pertanyaan-pertanyaan yang relevan, (c) mendorong siswa untuk dapat saling belajar dengan kelompok yang heterogen, dan (d) mendorong siswa untuk berani menyampaikan pendapat dalam menyelesaikan masalah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpendekatan problem posingin_ID
dc.subjectsikap kritisin_ID
dc.subjectTeam-Assisted Individualizationin_ID
dc.titleUpaya Meningkatkan Sikap Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Setting Team-Assisted Individualization (TAI)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record