Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah
Abstract
Materi irisan kerucut merupakan materi yang sudah lama tidak masuk ke dalam silabus, 10 tahun
kemudian dimunculkan kembali pada kurikulum 2013.Pada kondisi lapangan, guru mengalami
kesulitan dalam mengajarkan materi tersebut dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal-soal tentang irisan kerucut.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut.Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan deskriptif
kualitatif.Subyek yang diambil adalah siswa kelas XI-IA-2 SMAIT Nur Hidayah Kartasura
berjumlah 2, yaitu1 berkemampuan tinggi dan 1 berkemampuan rendah.Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
melaui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada materi irisan kerucut, yaitu: (1) Siswa kurang
memiliki motivasi belajar, (2) Materi irisan kerucut sulit untuk dipahami, (3) Rumus-rumus pada
materi irisan kerucut banyak dan sulit dihafalkan, dan (4) Intuisi siswa dalam mengerjakan soal
lemah.