Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran
Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi
tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi
strategi Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap
hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain
faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulung tahun
ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dua kelas diambil dengan Cluster Random
Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode angket
dan metode tes. Teknik analisis data dengan ANAVA dan sebelumnya dilakukan
uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1)
tidak ada kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri
terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada kontribusi tingkat
kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak
ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat
kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%.