Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri
dc.contributor.author | Sundari | |
dc.contributor.author | Ariyanto | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T03:34:17Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T03:34:17Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Alex, A.M. 2013. “Guided-discovery Learning Strategy and Senior Scool Students Performance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria.” Journal and Education and Practice. 4(12): 82-90. Balim, Ali Gunay. 2009. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills.” Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research. 35: 1-20. Fatimah, Siti. 2015. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbasis Assessment For Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara. Jamaris, Martini.2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia. Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results in Mathematics. United States : IEA. Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. OECD. 2014. PISA 2012 Result in Focus. OECD Publising. Prasetyo, Sandhy.dkk. 2015. “ Eksperimentasi Discovery Learning (DL) Dan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(9) : 993-1008. Ramlah, dkk. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi. 1(3): 68-75. Rosdiana, dkk. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 PALU”.e-Journal Mitra Sains.3(4):22-30. Sugiyanto. 2010. Model - Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6989 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi strategi Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulung tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dua kelas diambil dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data dengan ANAVA dan sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) tidak ada kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Discovery Learning | in_ID |
dc.subject | inkuiri | in_ID |
dc.subject | kemandirian belajar | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.title | Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiri | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
Tren dan Isu-Isu Baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya