Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Statistika Non Parametri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis: 1) Pengaruh pembelajaran
berbasis proyek terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik.
2).Pengaruh kemampuan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah
statistika non parametrik 3). Interaksi antara pembelajaran berbasis proyek dan pemahaman
matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik.ini.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Populasi
dalam penelitian ini mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika tahun
akademik 2014/2015, pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut,
Sampel dari penelitian ini dua kellomppok. Kelompok pertama sebagai kellompok
eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan kellompok kedua sebagai
kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah sampling acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah tes dan angket,. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan.
Dari hasil penelitian pada
α
= 0,05 diperoleh: (1) terdapat pengaruh pembelajaran
matematika berbasis proyek terhadap pres t as i belajar pada ma t a ku l i ah s t a t i s t i ka
non parame t r i k dengan F
A
= 5,58 > Fα = 4,01; (2) terdapat kemampuan pemahaman
matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik dengan F
B
= 15,96 > Fα = 3,16,; (3) terdapat interaksi pembelajaran berbasis proyek dan
kemampuan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non
parametrik dengan F
AB
= 3,45 > F α = 3,16.