• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    53_3_makalah dwi ardi meylani.pdf (604.0Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Meylana, Dwi Ardi
    Hawanti, Santhy
    Irianto, Sony
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media permainan balok pecahan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, mengetahui kelayakan media permainan balok pecahan, mengetahui pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar matematika, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media permainan balok pecahan.Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan media menurut Susilana dan Riyana (2011: 28).Data diperoleh melalui teknik tes berupa pretest dan posttest dan nontes berupa angket.Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan pada skala terbatas yaitu di kelas IV di salah satu SD UPK Purwokerto Selatan dengan desain eksperimen the true control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan dapat dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 4,35 yang menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar matematika materi pecahan. Hasil respon guru dan siswa sangat baik dengan rata-rata respon guru 4,7 dan respon siswa 3,51.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6991
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV