Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar
Date
2016-03-12Author
Meylana, Dwi Ardi
Hawanti, Santhy
Irianto, Sony
Metadata
Show full item recordAbstract
Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi
pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and
Development).Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media permainan balok pecahan
dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, mengetahui kelayakan media permainan balok
pecahan, mengetahui pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar
matematika, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media permainan balok
pecahan.Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan media
menurut Susilana dan Riyana (2011: 28).Data diperoleh melalui teknik tes berupa pretest dan
posttest dan nontes berupa angket.Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan pada skala terbatas
yaitu di kelas IV di salah satu SD UPK Purwokerto Selatan dengan desain eksperimen the true
control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan dapat
dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah dasar. Hal
tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 4,35 yang menunjukkan bahwa
media permainan balok pecahan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi
belajar matematika materi pecahan. Hasil respon guru dan siswa sangat baik dengan rata-rata
respon guru 4,7 dan respon siswa 3,51.