dc.contributor.author | Meylana, Dwi Ardi | |
dc.contributor.author | Hawanti, Santhy | |
dc.contributor.author | Irianto, Sony | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T03:43:09Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T03:43:09Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Budiman.(2013). Pembelajaran Pecahan di Kelas III SD melalui Pendekatan Kontekstual dan Metode Permainan.Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 14(2), 77. Darmansyah.(2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor.Jakarta: PT Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Mundir. (2013). Statistik Pendidikan: Pengantar Analisis Data untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Neville, dkk.(2005). Mengajar Lewat Permainan Pemikiran Para Guru dan Praktik di Kelas. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD. Priyatno, D. (2012).Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media. Riduwan dan Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta. Silvestre, dkk. (2013). The Domino Game and The Euler Cycle. International Journal of Computer Science and Information Technology & Security,3(5), 309. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Tayibnapis, Farida Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2011). Pedoman Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta:Kemendiknas. Yani, Bainuddin. (2009). Pembelajaran Pecahan di Kelas III SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif dan Metode Permainan.Jurnal Pencerahan, 6(1), 54. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6991 | |
dc.description.abstract | Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi
pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and
Development).Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media permainan balok pecahan
dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, mengetahui kelayakan media permainan balok
pecahan, mengetahui pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar
matematika, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media permainan balok
pecahan.Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan media
menurut Susilana dan Riyana (2011: 28).Data diperoleh melalui teknik tes berupa pretest dan
posttest dan nontes berupa angket.Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan pada skala terbatas
yaitu di kelas IV di salah satu SD UPK Purwokerto Selatan dengan desain eksperimen the true
control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan dapat
dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah dasar. Hal
tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 4,35 yang menunjukkan bahwa
media permainan balok pecahan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi
belajar matematika materi pecahan. Hasil respon guru dan siswa sangat baik dengan rata-rata
respon guru 4,7 dan respon siswa 3,51. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | matematika | in_ID |
dc.subject | materi pecahan | in_ID |
dc.subject | media pembelajaran | in_ID |
dc.subject | permainan balok pecahan | in_ID |
dc.title | Pengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |