Show simple item record

dc.contributor.authorMeylana, Dwi Ardi
dc.contributor.authorHawanti, Santhy
dc.contributor.authorIrianto, Sony
dc.date.accessioned2016-03-31T03:43:09Z
dc.date.available2016-03-31T03:43:09Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationBudiman.(2013). Pembelajaran Pecahan di Kelas III SD melalui Pendekatan Kontekstual dan Metode Permainan.Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 14(2), 77. Darmansyah.(2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor.Jakarta: PT Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Mundir. (2013). Statistik Pendidikan: Pengantar Analisis Data untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Neville, dkk.(2005). Mengajar Lewat Permainan Pemikiran Para Guru dan Praktik di Kelas. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD. Priyatno, D. (2012).Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media. Riduwan dan Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta. Silvestre, dkk. (2013). The Domino Game and The Euler Cycle. International Journal of Computer Science and Information Technology & Security,3(5), 309. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Tayibnapis, Farida Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2011). Pedoman Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta:Kemendiknas. Yani, Bainuddin. (2009). Pembelajaran Pecahan di Kelas III SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif dan Metode Permainan.Jurnal Pencerahan, 6(1), 54.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6991
dc.description.abstractPenggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development).Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media permainan balok pecahan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, mengetahui kelayakan media permainan balok pecahan, mengetahui pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar matematika, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media permainan balok pecahan.Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan media menurut Susilana dan Riyana (2011: 28).Data diperoleh melalui teknik tes berupa pretest dan posttest dan nontes berupa angket.Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan pada skala terbatas yaitu di kelas IV di salah satu SD UPK Purwokerto Selatan dengan desain eksperimen the true control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan dapat dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 4,35 yang menunjukkan bahwa media permainan balok pecahan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan balok pecahan terhadap prestasi belajar matematika materi pecahan. Hasil respon guru dan siswa sangat baik dengan rata-rata respon guru 4,7 dan respon siswa 3,51.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmatematikain_ID
dc.subjectmateri pecahanin_ID
dc.subjectmedia pembelajaranin_ID
dc.subjectpermainan balok pecahanin_ID
dc.titlePengembangan Media Permainan Balok Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record