• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang

    Thumbnail
    View/Open
    54_26_Makalah Ervina Yulias Veva.pdf (332.3Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Veva, Ervina Yulias
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching. Materi bangun ruang pada umumnya menampilkan masalah dalam bentuk soal cerita atau uraian yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga memerlukan kemampuan komunikasi matematis untuk menerjemahkan soal cerita atau uraian tersebut ke dalam model matematika. Kemampuan komunikasi matematis erat kaitannya dengan partisipasi siswa. Partisipasi siswa mendukung terwujudnya kegiatan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan matematika pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mampu memberikan informasi tentang perubahan maupun peningkatan yang disebabkan oleh suatu tindakan. Adapun Subjek penelitian tersebut adalah siswa kelas VIII.I SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi dimana insrumen pembelajaran dan penelitian dikembangkan dengan divalidasi oleh professional judgment. Hasil penelitian menyimpulkan penggunaan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa. Pada siklus I, ratarata persentase kemampuan komunikasi matematis yang berhasil dicapai siswa sebesar 57,03% dan pada siklus II rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 11,53% menjadi 68,56%. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase partisipasi siswa mencapai 68,75% dan pada siklus II rata-rata persentase partisipasi siswa mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 87,50%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6992
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV