Show simple item record

dc.contributor.authorVeva, Ervina Yulias
dc.date.accessioned2016-03-31T03:47:59Z
dc.date.available2016-03-31T03:47:59Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Moleong, Lexy.J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM. Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6992
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching. Materi bangun ruang pada umumnya menampilkan masalah dalam bentuk soal cerita atau uraian yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga memerlukan kemampuan komunikasi matematis untuk menerjemahkan soal cerita atau uraian tersebut ke dalam model matematika. Kemampuan komunikasi matematis erat kaitannya dengan partisipasi siswa. Partisipasi siswa mendukung terwujudnya kegiatan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan matematika pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mampu memberikan informasi tentang perubahan maupun peningkatan yang disebabkan oleh suatu tindakan. Adapun Subjek penelitian tersebut adalah siswa kelas VIII.I SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi dimana insrumen pembelajaran dan penelitian dikembangkan dengan divalidasi oleh professional judgment. Hasil penelitian menyimpulkan penggunaan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa. Pada siklus I, ratarata persentase kemampuan komunikasi matematis yang berhasil dicapai siswa sebesar 57,03% dan pada siklus II rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 11,53% menjadi 68,56%. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase partisipasi siswa mencapai 68,75% dan pada siklus II rata-rata persentase partisipasi siswa mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 87,50%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisin_ID
dc.subjectmetode pemecahan masalahin_ID
dc.subjectpartisipasi siswain_ID
dc.subjectpendekatan reciprocal teachingin_ID
dc.titlePenerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record