dc.contributor.author | Veva, Ervina Yulias | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T03:47:59Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T03:47:59Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Moleong, Lexy.J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM. Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6992 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi
siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan
pendekatan reciprocal teaching. Materi bangun ruang pada umumnya menampilkan masalah
dalam bentuk soal cerita atau uraian yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga
memerlukan kemampuan komunikasi matematis untuk menerjemahkan soal cerita atau uraian
tersebut ke dalam model matematika. Kemampuan komunikasi matematis erat kaitannya dengan
partisipasi siswa. Partisipasi siswa mendukung terwujudnya kegiatan siswa dalam
mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan matematika pada proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang mampu memberikan informasi tentang perubahan
maupun peningkatan yang disebabkan oleh suatu tindakan. Adapun Subjek penelitian tersebut
adalah siswa kelas VIII.I SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi dimana insrumen pembelajaran dan
penelitian dikembangkan dengan divalidasi oleh professional judgment. Hasil penelitian
menyimpulkan penggunaan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal teaching
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa. Pada siklus I, ratarata
persentase
kemampuan komunikasi matematis yang berhasil dicapai siswa sebesar 57,03%
dan pada siklus II rata-rata persentase kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami
peningkatan sebesar 11,53% menjadi 68,56%. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase
partisipasi siswa mencapai 68,75% dan pada siklus II rata-rata persentase partisipasi siswa
mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 87,50%.Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dengan pendekatan reciprocal
teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan partisipasi siswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Matematis | in_ID |
dc.subject | metode pemecahan masalah | in_ID |
dc.subject | partisipasi siswa | in_ID |
dc.subject | pendekatan reciprocal teaching | in_ID |
dc.title | Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |