Kreativitas Open Ended Problem Siswa Kelas VIIIG SMPN 17 Malang
Date
2016-03-12Author
Arifuddin, Yusuf
Sutawidjaja, Akbar
Irawati, Santi
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas VIII
G SMPN 17 Malang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan masalah open ended.
Data yang dikumpulkan berupa hasil tes siswa dan hasil wawancara. Tes terdiri dari satu masalah
open ended pada materi segi empat dan segitiga. Jawaban siswa dianalisis sesuai dengan indikator
kreativitas yang dikembangkan oleh Foster (1971), Shriki (2013), Silver (1997) dan Torrance
(1974) yaitu kelancaran (fluency), keluwesan(flexibility), dan kebaruan (originality). Hasil analisis
data dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dengan masalah open ended
masih sangat rendah.Sebagian besar siswa dapat menyelesaikan masalah open endeddengan
jawaban sejenis, tetapi sedikit siswa yang dapat menyelesaikan masalah open endeddengan
jawaban beragam atau terdapat jawaban dari sudut pandang berbeda. Siswa yang mengalami
kesulitan dengan masalah open ended disebabkan mereka belum terbiasa dengan masalah open
ended atau belum sepenuhnya memahami materi segi empat dan segitiga.