dc.identifier.citation | Al-Absi, M.. 2013. The Effect of Open-ended Tasks as an assessment tool on Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’. Journal of Educational Sciences Vol. 9 No. 3. Hal. 345-351. Bush, W. S. & Leinwand, S.. 2000. Mathematics Assessment a Practical Handbook for Grade 6-8. USA: NCTM Foster, J.. 1971. Creativity and the Teacher. London: The University Press Khabibah, S.. (2006). Pengembangan model pembelajaran matematika dengan soal terbuka untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar (disertasi). Surabaya: Program Pasca sarjana Unesa. Purwanto, E.. 2011. Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Grafik Fungsi Eksponen Dengan Pendekatan Open Ended Problem di Kelas XII IPA Negeri 1 Tanjung Selor. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM Shriki, A.. 2013. A Model for Assessing the Developmentof Students’ Creativity in the context of Problem Posing. Journal Creative Education, Vol. 4 Hal. 430-439. Silver, E. A.. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Maret 2015. Siswono, T, Y, E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review. Vol. 6 (7). 548-553. Diakses dari http://www.academicjournals.org/article/article1379767432_Siswono.pdf Suherman, H. E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjannah, & Rohayati, Hj. A.. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Torrance, E. P. (1974). Torrance tests of creative thinking. Bensenville, IL: Scholastic Testing Service. | in_ID |
dc.description.abstract | Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas VIII
G SMPN 17 Malang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan masalah open ended.
Data yang dikumpulkan berupa hasil tes siswa dan hasil wawancara. Tes terdiri dari satu masalah
open ended pada materi segi empat dan segitiga. Jawaban siswa dianalisis sesuai dengan indikator
kreativitas yang dikembangkan oleh Foster (1971), Shriki (2013), Silver (1997) dan Torrance
(1974) yaitu kelancaran (fluency), keluwesan(flexibility), dan kebaruan (originality). Hasil analisis
data dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dengan masalah open ended
masih sangat rendah.Sebagian besar siswa dapat menyelesaikan masalah open endeddengan
jawaban sejenis, tetapi sedikit siswa yang dapat menyelesaikan masalah open endeddengan
jawaban beragam atau terdapat jawaban dari sudut pandang berbeda. Siswa yang mengalami
kesulitan dengan masalah open ended disebabkan mereka belum terbiasa dengan masalah open
ended atau belum sepenuhnya memahami materi segi empat dan segitiga. | in_ID |