Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12
Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat
dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya dengan merujuk pada indikator kemampuan
komunikasi matematis khususnya dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan
Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dan juga mengkaji respon siswa terhadap
pembelajaran matematika yang dikembangkan. metode pembelajaran yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), tahun ajaran
2014/2015 dengan jumlah subjek 36 murid Kelas VII-H di SMP Negeri 12 Bandung. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen, baik instrumen tes yaitu tes formatif
maupun instrumen non tes yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini diantaranya
menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan MPMK pada pokok
bahasan perbandingan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu,
dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif pada pembelajaran
dengan menggunakan MPMK. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan MPMK dapat
dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa dan respon siswa dalam pembelajaran.