dc.contributor.author | Romadhoni, Erlina Madyaning Candra | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T04:44:56Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T04:44:56Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Ansari, B.I. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-TalkWrite. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan. Knisley, J. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. [online]. Vol. 12 (1) 10 halaman. Tersedia: http://WilsonCoe.edu/DEPT/TME/Issues/v12n1/3knisley.HTML,. Mulyana, E. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika. Disertasi. UPI Bandung. Tidak diterbitkan. NCTM. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. Tersedia [online]: http://standards.nctm.org/document/chapter6/comm.htm Putranti, N. (2007). Gaya Belajar Anda Visual, Auditori, atau Kinestetik? [online].Tersedia:http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/12/28/gaya -belajar -anda-visual-auditori-atau-kinestetik/. Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Satria. (2012). Artikel “Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia Masih Rendah” [online]. UGM. Tersedia: ugm.ac.id/id/post/page?id=4467 Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA. UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun Ternate. [online].Tersedia:http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2012/08/W ahid-Umar.pdf -. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas VII SMP Katolik Mariana Medan T.A. 2012/2013”.UNIMED:Tersedia:http://digilib.unimed.ac.id/public/UNI MED-Undergraduate-22151-BAB%20I%20Otto.pdf | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6999 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12
Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat
dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya dengan merujuk pada indikator kemampuan
komunikasi matematis khususnya dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan
Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dan juga mengkaji respon siswa terhadap
pembelajaran matematika yang dikembangkan. metode pembelajaran yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), tahun ajaran
2014/2015 dengan jumlah subjek 36 murid Kelas VII-H di SMP Negeri 12 Bandung. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen, baik instrumen tes yaitu tes formatif
maupun instrumen non tes yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini diantaranya
menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan MPMK pada pokok
bahasan perbandingan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu,
dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif pada pembelajaran
dengan menggunakan MPMK. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan MPMK dapat
dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa dan respon siswa dalam pembelajaran. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Komunikasi Matematis Siswa | in_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) | in_ID |
dc.subject | Respon Siswa dalam Pembelajaran | in_ID |
dc.title | Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |