Show simple item record

dc.contributor.authorRomadhoni, Erlina Madyaning Candra
dc.date.accessioned2016-03-31T04:44:56Z
dc.date.available2016-03-31T04:44:56Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAnsari, B.I. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-TalkWrite. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan. Knisley, J. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. [online]. Vol. 12 (1) 10 halaman. Tersedia: http://WilsonCoe.edu/DEPT/TME/Issues/v12n1/3knisley.HTML,. Mulyana, E. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika. Disertasi. UPI Bandung. Tidak diterbitkan. NCTM. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. Tersedia [online]: http://standards.nctm.org/document/chapter6/comm.htm Putranti, N. (2007). Gaya Belajar Anda Visual, Auditori, atau Kinestetik? [online].Tersedia:http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/12/28/gaya -belajar -anda-visual-auditori-atau-kinestetik/. Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Satria. (2012). Artikel “Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia Masih Rendah” [online]. UGM. Tersedia: ugm.ac.id/id/post/page?id=4467 Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA. UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun Ternate. [online].Tersedia:http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2012/08/W ahid-Umar.pdf -. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas VII SMP Katolik Mariana Medan T.A. 2012/2013”.UNIMED:Tersedia:http://digilib.unimed.ac.id/public/UNI MED-Undergraduate-22151-BAB%20I%20Otto.pdfin_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6999
dc.description.abstractPenelitian ini diadakan karena kenyataan di lapangan (siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandung) menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah dan dapat dilihat dari rendahnya hasil tes pada bab sebelumnya dengan merujuk pada indikator kemampuan komunikasi matematis khususnya dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dan juga mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang dikembangkan. metode pembelajaran yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah subjek 36 murid Kelas VII-H di SMP Negeri 12 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen, baik instrumen tes yaitu tes formatif maupun instrumen non tes yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini diantaranya menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan MPMK pada pokok bahasan perbandingan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif pada pembelajaran dengan menggunakan MPMK. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan MPMK dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan respon siswa dalam pembelajaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKomunikasi Matematis Siswain_ID
dc.subjectModel Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK)in_ID
dc.subjectRespon Siswa dalam Pembelajaranin_ID
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Respon Siswa Dalam Pembelajaranin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record