Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Date
2016-03-12Author
Hidajat, Flavia Aurelia
Setiawan, Toto’ Bara
Fatahillah, Arif
Rahardjo, Swasono
Metadata
Show full item recordAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran pokok yang ada pada setiap jenjang pendidikan.
Mengingat pentingnya matematika, siswa dituntut untuk memahami suatu masalah matematika.
Namun kenyataannya, siswa kesulitan dalam memahami suatu masalah matematika. Hal ini
tampak dari masih rendahnya hasil belajar siswa (nilai rata-rata kelas di bawah KKM sekolah).
Berdasar pada masalah tersebut, maka dalam penelitian ini akan diterapkan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini akan dilakukan sendiri oleh peneliti di dalam kelas dalam
dua siklus pembelajaran yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data dalam penelitian
ini berupa hasil belajar siswa dalam tes akhir siklus dan lembar observasi. Data yang terkumpul
akan dianalisis setelah pemberian tindakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini
dapat membantu guru dalam memberikan alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.