Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dc.contributor.author | Hidajat, Flavia Aurelia | |
dc.contributor.author | Setiawan, Toto’ Bara | |
dc.contributor.author | Fatahillah, Arif | |
dc.contributor.author | Rahardjo, Swasono | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T05:42:00Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T05:42:00Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bineka Karya. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Okurakcay, Nilufer dan Doymus, Kemal. 2012. The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Techniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Students’ Academic Achievements. Journal of Educational Sciences Research International E-Journal, 2 (1): 109-123. Simsek, Ufuk., Yilar, Bayram., & Kucuk, Birgul. 2013. The effects 0f Cooperative learning methods on students’ academic achievements in social psychology lessons. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, (Online), 4 (3): 5-9, (http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/01.simsek.pdf), diakses 16 Januari 2015. Slavin,R.E.2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Penerbit Nusa Media. Susila. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Tampubulon, Saur. 2013. PENELITIAN TINDAKAN KELAS: Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga. Tiro, Muhammad A.1999.Meningkatkan kemampuan logika siswa melalui penyelesaian soal-soal kalimat verbal. Jakarta: Jurnal Ilmu pendidikan Depdiknas. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7002 | |
dc.description.abstract | Matematika merupakan mata pelajaran pokok yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Mengingat pentingnya matematika, siswa dituntut untuk memahami suatu masalah matematika. Namun kenyataannya, siswa kesulitan dalam memahami suatu masalah matematika. Hal ini tampak dari masih rendahnya hasil belajar siswa (nilai rata-rata kelas di bawah KKM sekolah). Berdasar pada masalah tersebut, maka dalam penelitian ini akan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini akan dilakukan sendiri oleh peneliti di dalam kelas dalam dua siklus pembelajaran yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa dalam tes akhir siklus dan lembar observasi. Data yang terkumpul akan dianalisis setelah pemberian tindakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat membantu guru dalam memberikan alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | hasil belajar siswa | in_ID |
dc.subject | jigsaw | in_ID |
dc.subject | pembelajaran kooperatif | in_ID |
dc.title | Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
Tren dan Isu-Isu Baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya