• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Problematika Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika dan Alternatif Pemecahannya

    Thumbnail
    View/Open
    67_83_Makalah Rev_Ervin Tamta Lirnawati_1.pdf (177.1Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Lirnawati, Ervin Tamta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan khususnya di Indonesia selalu mengalami banyak penyempurnaan yang diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan yaitu model pembelajaran think pair share. Penerapan dan penguasaan model pembelajaran think pair share memiliki beberapa kendala yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1)Menganalisis masalah yang terjadi dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika, 2)Menemukan alternatif solusi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika.Metode penelitian ini adalah metode berfikir kritis dan pengamatan langsung proses pembelajaran yang terjadi dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika dengan jenis penelitian kualitatif pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Muncul beberapa masalah secara teori (hasil pemikiran) dan beberapa masalah dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika. Dari sudut pandang teori model pembelajaran ini tidak dapat berjalan maksimal jika diterapkan secara langsung. 2)Solusiyang ditawarkan dari segi teori diantaranya, model pembelajaran ini dilakukan sebagai pengukur kemampuan siswa, sedangkan proses pembelajaran dapat dilakukan dengan pembelajaran klasikal
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7005
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV