dc.contributor.author | Lirnawati, Ervin Tamta | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T05:56:19Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T05:56:19Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Danial, P (2014). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS SDN 37 Kota Selatan Kota Gorontalo. Diakses dari : http://eprints.ung.ac.id/9598/ ______________. 2010 .Juknis Pelaksanaan Penilaian dan Implementasi KTSP di SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ibrahim, M., dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA Press. Juliana. (2015). Analisis model pembelajaran think pair share. Diakses dari http://www.academia.edu/7304754/analisis_model_pembelajaran_thin k_pair_share. Lie, A. (2002). Cooperative Learning.Jakarta : Grasindo Slavin, R. (2005).Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media. Suprijono, A. (2012).Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Trianto.2011. Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Pernada Media Grup. Trihastuti, S. 2009. Ciri ciri Model Pembelajaran yang Baik. https://docs.google.com/document/d/1qPQndJ73IBFT1sZI2916oPqsU HzsPn1mjJMqmlE_qFU/edit?pli=1 Diakses tanggal 18 Mei 2014. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7005 | |
dc.description.abstract | Pendidikan khususnya di Indonesia selalu mengalami banyak penyempurnaan yang diharapkan
menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu guru perlu menguasai dan dapat
menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan metode dan teknik
pembelajaran secara spesifik. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan yaitu model
pembelajaran think pair share. Penerapan dan penguasaan model pembelajaran think pair share
memiliki beberapa kendala yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1)Menganalisis masalah yang terjadi dalam penerapan
pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika, 2)Menemukan
alternatif solusi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam penerapan pembelajaran
kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika.Metode penelitian ini adalah
metode berfikir kritis dan pengamatan langsung proses pembelajaran yang terjadi dalam
penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika dengan
jenis penelitian kualitatif pendekatan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1)Muncul beberapa masalah secara teori (hasil pemikiran) dan beberapa masalah dalam
penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika. Dari
sudut pandang teori model pembelajaran ini tidak dapat berjalan maksimal jika diterapkan secara
langsung. 2)Solusiyang ditawarkan dari segi teori diantaranya, model pembelajaran ini dilakukan
sebagai pengukur kemampuan siswa, sedangkan proses pembelajaran dapat dilakukan dengan
pembelajaran klasikal | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Think Pair Share | in_ID |
dc.title | Problematika Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika dan Alternatif Pemecahannya | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |