• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    70_13_Makalah KNPMP ULIL REVISI.pdf (435.8Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Imanah, Ulil Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa IQ adalah kecerdasan yang dianggap paling penting karena selalu menjadi tolok ukur kecerdasan seseorang. Namun, pendapat ini semakin lama semakin pudar sejalan dengan suasana kehidupan yang semakin modern dan dengan adanya buku menggemparkan dari Daniel Goleman, yaitu Emotional Intelligence yang mendefinisikan ulang apa arti cerdas. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang : (1) kecerdasan emosional siswa, (2) prestasi belajar matematika siswa, dan (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi sebanyak 12,9%, siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang sebanyak 67,74%, dan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah sebanyak 19,36%. (2) siswa yang memiliki tingkat prestasi belajar matematika tinggi sebanyak 32,26%, siswa yang memiliki tingkat prestasi belajar matematika sedang sebanyak 29,03%, dan siswa yang memiliki tingkat prestasi belajar rendah sebanyak 38,71%. (3) kecerdasan emosional cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,62 dan koefisien determinasi sebesar 38,44%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7008
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV