Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2
siklus. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Pleret Kabupaten
Bantul. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar
matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah Pleret kabupaten Bantul pada Siklus I 42,71%
dengan kriteria cukup meningkat pada Siklus II 66,19% dengan kriteria baik.