Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)
dc.contributor.author | Sunaryo | |
dc.contributor.author | Sumargiyani | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T06:11:47Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T06:11:47Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi, Suharjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis, Prakis Bagi Praktisi Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara. Depdiknas. (2010a). Petunjuk Teknis Pembelajaran Tuntas, Remedial dan Pengayaan. Jakarta: Depdiknas. ________.(2010b). Petunjuk Teknis Model Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas. Djuju Sudjana. (2000). Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production. Kemmis,S & Taggart,R. (1990). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University. Lie,Anita. (2008). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo. Iman,Muis Sad. (2004). Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta : Safira Insania Press bekerjasama dengan MSI UII. Putra ,Nugroho Wahyu dan Yonata,Bertha. (2014). Ketrampilan Berpendapat Siswa Kelas IX Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 666 Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016 SMAN 17 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Laju Reaksi, ( E-Journal, Unesa,ac,id, diunduh pada tanggal 15 Maret 2014, pukul 14:15:38) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007. Sudjana, Nana.1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Suherman,Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : UPI-JICA. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7009 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Pleret Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah Pleret kabupaten Bantul pada Siklus I 42,71% dengan kriteria cukup meningkat pada Siklus II 66,19% dengan kriteria baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | partisipasi belajar | in_ID |
dc.subject | NHT | in_ID |
dc.subject | matematika | in_ID |
dc.title | Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
Tren dan Isu-Isu Baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya