Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Tulisan ini membahas tentang Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika.
Problem-Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran
yang menghadapkan siswa pada pembelajaran kompleks dan bermakna, dimana masalah
dibingkai dalam konteks nyata. Problem Based Learning bertujuan untuk membuat siswa menjadi
pembelajar yang mandiri. Karakteristik pembelajaran berbasis masalah yakni : (1) belajar
dimulai dengan suatu masalah, (2) memastikan bahwa masalah yang diberikan berhubungan
dengan dunia nyata siswa/mahasiswa, (3) mengorganisasikan pelajaran diseputar masalah,
bukan diseputar disiplin ilmu, (4) memberikan tanggung jawab yang besar kepada pebelajar
dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri, (5)
menggunakan kelompok kecil, dan (6) menuntut pebelajar untuk mendemontrasikan apa yang
telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja. Siswa dapat memperoleh
pengetahuan konseptual dan keterampilan prosedural secara kreatif dan kooperatif. Siswa dapat
mengembangkan satu atau lebih solusi dari permasalahan yang disajikan. Problem-Based
Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif selama proses
pembelajaran, membantu siswa dalam menganalisis soal-soal sukar, berpikir kritis, memberikan
ide atau pendapat pada proses pembelajaran serta mengajarkan keterampilan bekerjasama dalam
kelompok. Problem-Based Learning disarankan untuk diterapkan di sekolah-sekolah.