Show simple item record

dc.contributor.authorPansa, Hani Ervina
dc.date.accessioned2016-03-31T06:43:51Z
dc.date.available2016-03-31T06:43:51Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAbidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama. Aizikovitsh , Einav & Miriam Amit. 2008. An innovative model for developing critical thinking skills through mathematical education. University of the Negev Israel. Ben Gruion. CIDR Teaching and Learning Bulletin. (2004). Problem-Based Learning. [Online]. Vol 7. (3). Diakses dari http://depts.washington.edu/cidrweb/TeachingLearningBulletin.html. Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria: ASCD. Djamilah Bondan Widjajanti, 2009. Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Yogyakarta; UNY. Duchy, Filip. 2003. Effects of problem-based learning: a metaanalysis. Belgium. University of Leuven, Afdeling Didactiek. Fatade A. Olufemi, dkk. (2013). Effect of Problem-Based Learning on Senior Secondary School Students’ Achievements in Further Mathematics. Acta Didactia Napocensia Journal of Educational Research, vol. 6 number 3. Fogarty, R. 1997. Problem-Based Learning and other Curriculum Models for the Multiple Intelligences Classroom. Arlington Heights, Illionis: Sky Light Hillman, Wendy. 2003. Learning How to Learn : Problem Based Learning. Australian Journal of Teacher Education. Vol 28. Hmelo-Silver, C.E., Chernobilsky, E., and Da Costa, M.C. (2004). Psycological Tools in Problem-based Learning, in Enhancing Thinking through Problem-basedLearning Approaches. Singapore: Thomson Learning. Noer, S. H. (2009). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Makalah disampaikan pada seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, di UNY 5 desember 2009. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/7048/1/P33%20Dra.% 20Sri%20Hastuti%20Noer.pdf. Padmavathy, R.D & Mareesh .K . 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal. Vol II. Pamikatsih, Dian Ayu. (2010). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP N 14 Semarang Kelas VII Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNNES. Diambil dari http://lib.unnes.ac.id/8633/ http://rima-putri13.blogspot.co.id/2015/01/pembelajaran-berbasis-masalahpbl.html. Roh, Kyeong Ha. (2003). Problem-Based Learning in Mathematics. Dalam ERIC Digest. ERIC Identifier: EDO-SE-03-07. [Online]. Tersedia: http://www.ericdigest.org/. Sungur, S. & Tekkaya, C. (2006). Effects of Problem–Based Learning and Traditional Instruction on Self–Regulated Learning Journal of Educational Research, 99 (5) 307-317. Wesha, Hani A. 2012. Measuring the Effect of Problem-Based Learning Instructional Program on Reflective Thinking Development. Journal of Instructional Psychology. Vol. 39 Issue 3/4, p262-271. 10p. Diakses dari http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer? sid=18dfec2b-35b4-4116-acff 7f04d40490ba%40sessionmgr4003&vid=0&hid=4101in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7014
dc.description.abstractTulisan ini membahas tentang Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika. Problem-Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada pembelajaran kompleks dan bermakna, dimana masalah dibingkai dalam konteks nyata. Problem Based Learning bertujuan untuk membuat siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Karakteristik pembelajaran berbasis masalah yakni : (1) belajar dimulai dengan suatu masalah, (2) memastikan bahwa masalah yang diberikan berhubungan dengan dunia nyata siswa/mahasiswa, (3) mengorganisasikan pelajaran diseputar masalah, bukan diseputar disiplin ilmu, (4) memberikan tanggung jawab yang besar kepada pebelajar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri, (5) menggunakan kelompok kecil, dan (6) menuntut pebelajar untuk mendemontrasikan apa yang telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja. Siswa dapat memperoleh pengetahuan konseptual dan keterampilan prosedural secara kreatif dan kooperatif. Siswa dapat mengembangkan satu atau lebih solusi dari permasalahan yang disajikan. Problem-Based Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran, membantu siswa dalam menganalisis soal-soal sukar, berpikir kritis, memberikan ide atau pendapat pada proses pembelajaran serta mengajarkan keterampilan bekerjasama dalam kelompok. Problem-Based Learning disarankan untuk diterapkan di sekolah-sekolah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectproblem-based learningin_ID
dc.subjectMatematikain_ID
dc.titleProblem-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record