• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    77_138_Nuryanti.pdf (374.8Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Ismayani, Ani
    Nuryanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based learning adalah siswa dapat menyelesaikan sebuah permasalahan matematika melalui serangkaian tugas-tugas proyek yang dirancang sedemikian rupa mulai dari kegiatan perencanaan hingga tahap evaluasi. Metode kerja seperti itu diharapkan dapat merangsang siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran, serta merangsang kemampuan-kemampuan matematis, salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itulah Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII AP 4 SMKN 1 Cianjur dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Setelah penelitian dalam 2 siklus, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan maupun tulisan di antara dua siklus penelitian, dengan nilai daya serap masing-masing siklus sebesar 61% dan 75%, dan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 79% dan 82%. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model ini juga positif. Lebih dari 80% siswa merasa lebih aktif belajar dalam Project-based learning. Aktivitas siswa di kelas secara keseluruhan menjadi lebih baik, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7015
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV