Penerapan Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa
Abstract
Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas
proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based
learning adalah siswa dapat menyelesaikan sebuah permasalahan matematika melalui
serangkaian tugas-tugas proyek yang dirancang sedemikian rupa mulai dari kegiatan
perencanaan hingga tahap evaluasi. Metode kerja seperti itu diharapkan dapat merangsang siswa
untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran, serta merangsang kemampuan-kemampuan matematis,
salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itulah Penelitian
Tindakan Kelas ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII AP 4 SMKN 1
Cianjur dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Setelah penelitian dalam 2 siklus, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan maupun tulisan di antara dua siklus
penelitian, dengan nilai daya serap masing-masing siklus sebesar 61% dan 75%, dan ketuntasan
klasikal masing-masing sebesar 79% dan 82%. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran
model ini juga positif. Lebih dari 80% siswa merasa lebih aktif belajar dalam Project-based
learning. Aktivitas siswa di kelas secara keseluruhan menjadi lebih baik, sehingga model
pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.