dc.identifier.citation | Alacafinar, F. (2008). Effectiveness of Project-Based Learning. Eurasian Journal of Educational Research, 33, 17-33. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Coughlan, D. & Brannick T. (2001). Doing Action Research in Your Own Organization. London & Washington DC: Sage Publication. Danarti, R. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPS model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study dengan Konvensional Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol 2 (2), 102-111. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Isriani, & Dewi. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA, SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kemdikbud. Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM New York City Departmenet of Education. (2009). Project-Based learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. NYC Department of Education: New York. Paizaluddin, E. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Alfabeta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). KBBI Daring. Diakses dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/. Saragih, S. & Rahmiyana. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Vol. 19 (2), 174-187. Soemarmo, U & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama. Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael California: The Autodesk Foundation. Diakses dari http://bie.org/index.php/site/RE/pbl_research/29. | in_ID |
dc.description.abstract | Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas
proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based
learning adalah siswa dapat menyelesaikan sebuah permasalahan matematika melalui
serangkaian tugas-tugas proyek yang dirancang sedemikian rupa mulai dari kegiatan
perencanaan hingga tahap evaluasi. Metode kerja seperti itu diharapkan dapat merangsang siswa
untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran, serta merangsang kemampuan-kemampuan matematis,
salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itulah Penelitian
Tindakan Kelas ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII AP 4 SMKN 1
Cianjur dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Setelah penelitian dalam 2 siklus, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan maupun tulisan di antara dua siklus
penelitian, dengan nilai daya serap masing-masing siklus sebesar 61% dan 75%, dan ketuntasan
klasikal masing-masing sebesar 79% dan 82%. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran
model ini juga positif. Lebih dari 80% siswa merasa lebih aktif belajar dalam Project-based
learning. Aktivitas siswa di kelas secara keseluruhan menjadi lebih baik, sehingga model
pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika. | in_ID |