Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Abstract
Artikel ini merupakan hasil kajian meningkatkan kemampuan kamunikasi matematis siswa
melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Kemampuan komunikasi adalah
salah satu kemampuan matematika yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar matematika.
Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan mampu menciptakan
beragam representasi dalam memecahkan masalah. Hal ini akan memudahkan siswa dalam
membuat berbagai penyelesaian alternatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah matematika. Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa adalah pendekatan RME. Pendekatan RME membuat siswa lebih
aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang akan mereka peroleh. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan RME, guru tidak langsung memberikan rumus atau konsep
kepada siswa, tetapi terlebih dahulu memberikan pengantar berupa penyajian suatu bentuk cerita
yang dekat dengan kehidupan siswa, kemudian membimbing siswa untuk menemukan kembali dan
mengkonstruksi sendiri konsep matematika dari permasalahan yang diberikan. Pembelajaran
dengan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.