Show simple item record

dc.contributor.authorSilvianti, Rizka
dc.contributor.authorBharata, Haninda
dc.date.accessioned2016-03-31T06:52:35Z
dc.date.available2016-03-31T06:52:35Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationBarton, Bill. (2008). The language of mathematics: Telling mathematical tales. New York: Springer. Blum, W. & Niss, M. (1989). Mathematical Problem Solving, Modelling, Aplications, and Links to Other Subjects – State, Trends and Issues in Mathematics Instruction. Dalam Blum, W. Niss, M. & Huntley, I., (Eds). Modelling, Aplications and Applied Problem Solving: teaching mathematics in a real contexts. Chichester: Ellis Horwoord. Clark, Karen K, dkk. (2005). Strategies For Building Mathematical Communication In The Middle School Classroom: Modeled In Professional Development, Implemented In The Classroom. Current Issues In The Middle Level Education (2005) 11(2), 1-12. De lange, J. (1996). Using and Applying Mathematics Education. In A. J. Bishop (Ed). International Handbook of Mathematics Education. Dordrecnt: Kluwor Academics Publisher. Fauzan, Ahmad. (2002). Applying Realistic Mathematics Education in teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Doctoral Disserrtation: Enschede, University of Twente. Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an educational task. Dordrecht: Reidel. Gerald, Folland. (2001). Communication In The Mathematical Scienses. Tersedia di http://match.washinton.edu/folland/commun/comm.html [diakses 11-1-2016]. Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing realistic mathematics education. Freudenthal Institute: Utrecht, CD-Press. Haji, S. (2005). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadapa Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar, Disertasi: PPs Unsri Bandung. Hidayat, E. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunaka Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Himawan, Kukuh. (2014). Peningkatan Komunikasi Dan Penalaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang, Skripsi: PPs UMS Solo. Jazuli, Akhmad. (2009). Berfikir kreatif dalam kemampuan komunikasi matematika, Prosiding, ISBN : 978-979-16353-3-2, P-11. Kadir. (2008). Kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika, Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2008. Lindquist, M & Elliott, P.C. (1996). Communication –an Imperative for Change: A Conversation with Mary Lindquist dalam Communication in Mathematics K-12 and National Council of Teachers of Mathematics (1989). Reston: VA, NCTM. MacMath, S., J. Wallace & X. Chi. (2009). Problem Based Learning In Mathematics. What Works? Research Into Practise. Tersedia di http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/W W_problem_based_math.pdf. Marpaung, Y. (2001). Pendekatan Realistik dalam pembelajaran matematika, Semnas Pendidikan Matematika Realistik UNY 2001. Rahmawati, Fitriana. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, Seminar Semirata Fakultas MIPA Universitas Lampung 2013. Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Ivestigatif). Jakarta: Leuser Cita Pustaka. Zulkardi. (2001). Realistic Matematics Education (RME). Teori. Contoh Pembelajaran dan Taman Belajar di Internet. Makalah: UPI Bandung.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7016
dc.description.abstractArtikel ini merupakan hasil kajian meningkatkan kemampuan kamunikasi matematis siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Kemampuan komunikasi adalah salah satu kemampuan matematika yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar matematika. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan mampu menciptakan beragam representasi dalam memecahkan masalah. Hal ini akan memudahkan siswa dalam membuat berbagai penyelesaian alternatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pendekatan RME. Pendekatan RME membuat siswa lebih aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang akan mereka peroleh. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan RME, guru tidak langsung memberikan rumus atau konsep kepada siswa, tetapi terlebih dahulu memberikan pengantar berupa penyajian suatu bentuk cerita yang dekat dengan kehidupan siswa, kemudian membimbing siswa untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri konsep matematika dari permasalahan yang diberikan. Pembelajaran dengan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKomunikasi Matematisin_ID
dc.subjectRMEin_ID
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record