dc.identifier.citation | Foster, S. Thomas, 2010, Managing Quality Integrating The Supply Chain, Fourth Edition, Pearson Education, Inc., New Jersey. Karthi, S., dkk., 2014, Transforming Into A Lean Six Sigma Enterprise Through ISO 9001 Standard-Based Quality Management System, Journal of Enterprise Transformation, 4:100122. Thomas, A., Barton, R., dan Chuke-Okator, 2009, Applying Lean Six Sigma In A Small Engineering Company – A Model For Change, Journal of Manufacturing Technology Management Vol. 20 No.1 pp. 113-129. | in_ID |
dc.description.abstract | Six Sigma adalah sebuah metode terstruktur yang fokus pada pengurangan variansi,
peningkatan kualitas produk, proses dan pelayanan. Sedangkan, Lean Production adalah
sebuah pendekatan yang fokus pada pengurangan cycle time dan mengeliminasi pemborosan
yang terjadi di dalam suatu proses. Kombinasi pendekatan penyelesaian masalah dari Six
Sigma dan Lean dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hanya menggunakan
salah satu metode saja. Penelitian ini mengimplementasikan Lean Six Sigma di sebuah
perusahaan makanan instan di Semarang dengan tujuan untuk meminimalkan waktu
pengiriman produk dari gudang barang jadi ke distributor. Beberapa tindakan perbaikan dan
rencana pengendalian dirancang dan diimplementasikan, terutama yang terkait dengan faktor
internal di dalam perusahaan, antara lain sistem informasi yang digunakan, sistem
administrasi pengiriman barang, proses muat dan bongkar barang yang dipengaruhi oleh
jenis armada, kombinasi jenis produk yang dikirim, dll. Untuk faktor eksternal yang
berpengaruh terhadap lamanya waktu pengiriman akan tetapi tidak dapat diperbaiki dalam
penelitian ini antara lain kemacetan jalan dan kerusakan armada yang terjadi setelah armada
keluar dari gudang. Tindakan perbaikan yang dilakukan menunjukan peningkatan kinerja
dibagian gudang barang jadi, berkurangnya waktu lembur karyawan, dan konsistensi waktu
pengiriman barang. | in_ID |