• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kaji Eksperimental Pengaruh Perubahan Durasi Camshaft Overlap Duration Terhadap Kinerja Motor Otto Empat Langkah Satu Silinder DOHC

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO_041-Bhirowo Wihardanto, Riccy Kurniawan, Wegie Ruslan.pdf (434.9Kb)
    Date
    2016-03-23
    Author
    Wihardanto, Bhirowo
    Kurniawan, Riccy
    Ruslan, Wegie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja sepeda motor. Salah satunya adalah dengan melakukan perubahan pada Camshaft Overlap Duration. Camshaft Overlap Duration adalah lamanya waktu katup masuk dan katup buang dalam keadaan membuka secara bersamaan. Pengujian ini menggunakan motor Otto satu silinder DOHC dengan kapasitas 150 cc, lalu dilakukan pengukuran nilai daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, konsumsi bahan bakar aktual dari setiap Camshaft Overlap Duration. Camshaft Overlap Duration yang digunakan untuk pengujian memiliki besaran 17 o, 23 o, 27 o (standar) dan 30 o. Hasil pengujian membuktikanterjadinya peningkatan daya lebih besar 11,94% dibanding kondisi standar jika menggunakan besaran 30 o. Sedangkan besaran 17 o menghasilkan daya yang lebih rendah 0,47% dibandingkan kondisi standar. Terjadinya peningkatan torsi sebesar 2,61% pada besaran 23 o, sedangkan torsi menurun sebesar 4,13% saat menggunakan besaran 30 o. Setelah dilakukan perubahan Camshaft Overlap Duration untuk besaran 23 o, konsumsi bahan bakar spesifik menjadi lebih rendah daripada kondisi standar pada kondisi putaran mesin 6000 – 9000 rpm. Pada pengujian konsumsi bahan bakar aktual, besaran 30 o menghasilkan konsumsi bahan bakar aktual lebih rendah 8,35 % dibandingkan besaran 27 o (standar) yaitu sebesar 29,4 Km/Liter (standar = 32, 3 Km/Liter) dengan kecepatan berkendara 60 – 120 Km/Jam.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7098
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV