dc.identifier.citation | 5P uILaILGaI a 1T.1 a 1 1 Penggerak Mula Motor Bakar Torak' a 1EeILeIEIN1ITCf1CfaILGuILg 12ELM * EILI5LIL a 19 1“ Internal Combustion Engines”, Tata McGraw-Hill Publishing Company Limiter, 2003. +H ZRRG a a 1I Cf 1l Internal Combustion Engine Fundamentals”, McGraw-Hill Book Company, 1998. a Hammil, ' e5.1“ How To Choose Camshafts And Time Them For Maximum Power' 19 elRET 1 Publishing PLC, 1998. a a | in_ID |
dc.description.abstract | Banyak langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja sepeda motor. Salah
satunya adalah dengan melakukan perubahan pada Camshaft Overlap Duration. Camshaft
Overlap Duration adalah lamanya waktu katup masuk dan katup buang dalam keadaan
membuka secara bersamaan. Pengujian ini menggunakan motor Otto satu silinder DOHC
dengan kapasitas 150 cc, lalu dilakukan pengukuran nilai daya, torsi, konsumsi bahan bakar
spesifik, konsumsi bahan bakar aktual dari setiap Camshaft Overlap Duration. Camshaft
Overlap Duration yang digunakan untuk pengujian memiliki besaran 17 o, 23 o, 27 o (standar)
dan 30 o. Hasil pengujian membuktikanterjadinya peningkatan daya lebih besar 11,94%
dibanding kondisi standar jika menggunakan besaran 30 o. Sedangkan besaran 17 o
menghasilkan daya yang lebih rendah 0,47% dibandingkan kondisi standar. Terjadinya
peningkatan torsi sebesar 2,61% pada besaran 23 o, sedangkan torsi menurun sebesar 4,13%
saat menggunakan besaran 30 o. Setelah dilakukan perubahan Camshaft Overlap Duration
untuk besaran 23 o, konsumsi bahan bakar spesifik menjadi lebih rendah daripada kondisi
standar pada kondisi putaran mesin 6000 – 9000 rpm. Pada pengujian konsumsi bahan bakar
aktual, besaran 30 o menghasilkan konsumsi bahan bakar aktual lebih rendah 8,35 %
dibandingkan besaran 27 o (standar) yaitu sebesar 29,4 Km/Liter (standar = 32, 3 Km/Liter)
dengan kecepatan berkendara 60 – 120 Km/Jam. | in_ID |