Show simple item record

dc.contributor.authorWihardanto, Bhirowo
dc.contributor.authorKurniawan, Riccy
dc.contributor.authorRuslan, Wegie
dc.date.accessioned2016-04-23T02:54:05Z
dc.date.available2016-04-23T02:54:05Z
dc.date.issued2016-03-23
dc.identifier.citation5P uILaILGaI a 1T.1 a 1 1 Penggerak Mula Motor Bakar Torak' a 1EeILeIEIN1ITCf1CfaILGuILg 12ELM * EILI5LIL a 19 1“ Internal Combustion Engines”, Tata McGraw-Hill Publishing Company Limiter, 2003. +H ZRRG a a 1I Cf 1l Internal Combustion Engine Fundamentals”, McGraw-Hill Book Company, 1998. a Hammil, ' e5.1“ How To Choose Camshafts And Time Them For Maximum Power' 19 elRET 1 Publishing PLC, 1998. a ain_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7098
dc.description.abstractBanyak langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja sepeda motor. Salah satunya adalah dengan melakukan perubahan pada Camshaft Overlap Duration. Camshaft Overlap Duration adalah lamanya waktu katup masuk dan katup buang dalam keadaan membuka secara bersamaan. Pengujian ini menggunakan motor Otto satu silinder DOHC dengan kapasitas 150 cc, lalu dilakukan pengukuran nilai daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, konsumsi bahan bakar aktual dari setiap Camshaft Overlap Duration. Camshaft Overlap Duration yang digunakan untuk pengujian memiliki besaran 17 o, 23 o, 27 o (standar) dan 30 o. Hasil pengujian membuktikanterjadinya peningkatan daya lebih besar 11,94% dibanding kondisi standar jika menggunakan besaran 30 o. Sedangkan besaran 17 o menghasilkan daya yang lebih rendah 0,47% dibandingkan kondisi standar. Terjadinya peningkatan torsi sebesar 2,61% pada besaran 23 o, sedangkan torsi menurun sebesar 4,13% saat menggunakan besaran 30 o. Setelah dilakukan perubahan Camshaft Overlap Duration untuk besaran 23 o, konsumsi bahan bakar spesifik menjadi lebih rendah daripada kondisi standar pada kondisi putaran mesin 6000 – 9000 rpm. Pada pengujian konsumsi bahan bakar aktual, besaran 30 o menghasilkan konsumsi bahan bakar aktual lebih rendah 8,35 % dibandingkan besaran 27 o (standar) yaitu sebesar 29,4 Km/Liter (standar = 32, 3 Km/Liter) dengan kecepatan berkendara 60 – 120 Km/Jam.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbahan bakarin_ID
dc.subjectcamshaftin_ID
dc.subjectdayain_ID
dc.subjectoverlapin_ID
dc.subjecttorsiin_ID
dc.titleKaji Eksperimental Pengaruh Perubahan Durasi Camshaft Overlap Duration Terhadap Kinerja Motor Otto Empat Langkah Satu Silinder DOHCin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record