dc.identifier.citation | Aritonang, R, 2005, Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia. Billewar, S. dan Henry, B. D., 2012, Approach to Improve Quality of E-commerce, International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Japarianto, E., 2010, Analisa Faktor Type Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, No 1, Vol.12, 76-85. Kementerian Komunikasi dan Informasi, RI, 2015, Menkoinfo: Pemerintah Dorong Pertumbuhan E-commerce Indonesia, http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6020/Menkoinfo%3A+Pemerintah+Dorong+Pe rtumbuhan+E-commerce+Indonesia/0/berita_satker#.VrxguomyTaB, diakses tanggal 21 Desember 2015. Lemeshow, S, dan David, W, 1997, Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan (terjemahan), Yogyakarta: Gadjahmada University Press. Parasuraman, A. V. 1998. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1. Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia, dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2015, Profil Pengguna Internet Indonesia 2014, ISBN 978-602-19596-1-9, hal.20, https://www.slideshare.net/mobile/internetsehat/profil-pengguna-internet-indonesia2014-riset-oleh-apjii-dan-puskakom-ui Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta. Tjiptono, F, 2000, Prinsip dan Dinamika Pemasaran Edisi 1, Yogyakarya: J&J Learning. Utomo, P., Lestariningsih, E., Suhari, Y., 2011, Kepercayaan Terhadap Internet Serta Pengaruhnya Pada Pencarian Informasi dan Keinginan Membeli Secara Online, Jurnal Dinamika Informatika, No. 1, Vol. 3. Wahyu, O, Riandina, dan Nurmalina, S, Rita, 2006, Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Argo (Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor), Jurnal Argo Ekonomi, No 1, Vol.24, 41-58. | in_ID |
dc.description.abstract | Dewasa ini trend E-commerce berkembang sangat pesat, hal ini di dukung dengan fenomena
berbelanja secara online yang ramai digunakan oleh masyarakat. Karena proses jual-beli
berlangsung secara online, faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan suatu E-commerce
adalah kepercayaan pelanggan pada website E-commerce tersebut. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja online
menggunakan dimensi kualitas serta Customer Satisfaction Index dan untuk mengetahui sejauh
mana tingkat kepuasan pelanggan tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggannya dalam
berbelanja online di Lazada menggunakan metode statistika Regresi Linear Berganda.
Penelitian ini berupa accidental sampling dengan jumlah sampel 100 orang yang pernah
menggunakan jasa berbelanja online Lazada. Berdasarkan hasil perhitungan CSI didapatkan
indeks kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,678 yang menunjukan bahwa konsumen merasa
puas terhadap pelayanan Lazada. Selanjutnya, dari uji korelasi dan regresi linear berganda,
didapatkan bahwa kelima dimensi kualitas memberikan pengaruh secara simultan terhadap
loyalitas pelanggan Lazada dengan variabel reliability yang memiliki pengaruh paling
dominan. Nilai koefisien korelasi variabel bebas dan terikatnya adalah 0,466. Namun, secara
parsial hanya dimensi reliability yang memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, sedangkan variabel responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lazada. | in_ID |