Show simple item record

dc.contributor.authorAyu, Sovia Mas
dc.date.accessioned2016-06-03T01:33:58Z
dc.date.available2016-06-03T01:33:58Z
dc.date.issued2016-04-02
dc.identifier.citationEnjang Ari Wulandari. 2013. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dalam 110 Pembelajaran Matematika melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Skripsi, UMS. (Tidak diterbitkan). Jamal Ma’amur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: DIVA Press. Mudjiono & Dimyati . 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Rembang: ar-Ruzz Media. Sugiarti. 2011. Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) bagi siswa kelas IV SD Negeri Kadilangu Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Pada Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, UKSW (tidak diterbitkan) . Susilo Aris. 2011. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Pada Aljabar Melalui Strategi Pembelajaran course review Horay. Skripsi, UMS (tidak diterbitkan) . Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara. ______. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Veldhuis, Ruud. 1997. Education for Democratic Citizenhsip: Dimensions of Citizenship, Core Competences, Variables and Intemational Activities. Makalah Seminar on Basic Concepts and Core Competences, Council for Cultural Cooperation, Strasbourg, Perancis 11-12 Desember.in_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7276
dc.description.abstractKeberhasilan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya peserta didik, guru, orang tua, dan lingkungan. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik diarahkan untuk mengembangkan konsep berpikir, bertindak, dan bersikap. Guru sebagai pendidik di kelas memiliki kewajiban menyediakan sarana prasarana yang dapat memfasilitasi tercapainya tujuan pengembangan proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran ditentukan pula oleh metode atau cara guru dalam menjalankan fungsinya sebagai fasilitator, mediator, dan pembimbing dalam proses tersebut. Model reciprocal teaching adalah satu model pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didiknya. Model ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajarkan materi yang telah dipelajarinya terlebih dahulu kepada teman lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan dua kali putaran. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 25 orang di Sekolah Menengah Pertama Swadaya di Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) membuat pertanyaan dari 20% sebelum tindakan menjadi 36% sesudah tindakan, (2) klarifikasi permasalahan dari 21% sebelum tindakan menjadi 60% sesudah tindakan, (3) memprediksi permasalahan dari 16% sebelum tindakan menjadi 68% sesudah tindakan, dan (4) membuat kesimpulan dari 24% sebelum tindakan menjadi 68% sesudah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan keaktifan siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectReciprocal Teachingin_ID
dc.subjectKeaktifan Siswain_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaranin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record