Pengembangan Accounting Electronic Module Berbantuan Program Aplikasi Accurate Accounting V5 Untuk Siswa SMK Kelas XI Program Keahlian Akuntansi
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk
pembelajaran berupa Accounting electronic module berbantuan program aplikasi
accurate accounting v 5 untuk siswa SMK kelas XI program keahlian akuntansi
pada materi modul pembelian yang menarik, praktis dan efektif. Produk yang
dikembangkan terdiri dari modul untuk siswa dan modul untuk guru. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori
pengembangan 4-D Models (Four D models) dari Thiagarajan, Semmel dan
Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define, Design, Develop dan
Disseminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
dan wawancara. Data yang terkumpul diproses dan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa accounting electronic module berbantuan
program aplikasi accurate accounting V.5 dikategorikan sangat layak untuk
digunakan. Respon siswa juga positif karena dari aspek tampilan, penyajian dan
manfaat termasuk ketegori sangat kuat, sehingga meudahkan siswa untuk
mempelajari materi. Modul yang dikembangkan juga sangat efisien karena dapat
mencapai target alokasi waktu yang ditentukan dalam silabus dan siswa
memahami materi pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul
elektronik berbantuan program aplikasi Accurate Accounting V.5 untuk siswa
SMK Kelas XI program keahlian Akuntansi sangat layak digunakan.