dc.identifier.citation | Borchers, A. And Hoffner, V. (1996). It Outsourcing. Journal Of Applied Management. 2(2). Depdiknas. 2008a. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Depdiknas. 2008b.Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kerja Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Juwita Setia Sari dan Eko Wahyudi dengan judul : Pengembangan Modul Mata Pelajaran Komputer, Akuntansi M.Y.O.B Berbasis Pembelajaran Scientific Approach Pada Kompetensi Dasar Pencatatan Transaksi Perusahaan Jasa Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Lamongan, Jurnal Pendidikan Akuntansi (PAK), Vol 3, Nomer 2, 2015 Mahmudi, Ali. 2012. Manual Book Accurate Version 4. CPSSOFT:Jakarta Margaretha Mona Yanti Sipahutas. 2008. BelajarSendiri ACCURATE Ver 3. Penerbit www Bisnis 20302.Com. Pannen dan Purwanto, 2001, Penulisan Bahan Ajar Jakarta: Depdiknas Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Jogjakarta: Diva Press. Sharon E Smaldino 2003, Instructional Technology and Media for Learning, Upper Saddle River, New Jersey, Columbus Ohio, Pearson Merrill Prentice Hall Sri Kantun, 2015, Komputer Akuntansi Dengan Program AplkasiAccurate Accounting V.5, Jember Penerbit Universitas Jember, Suparno, Paul, 2010, Filsafat Kontruktivisme, Jakarta, Kanisius Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaitf dan R&D, Bandung: alfabeta. Wena, made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Bumi Aksara. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk
pembelajaran berupa Accounting electronic module berbantuan program aplikasi
accurate accounting v 5 untuk siswa SMK kelas XI program keahlian akuntansi
pada materi modul pembelian yang menarik, praktis dan efektif. Produk yang
dikembangkan terdiri dari modul untuk siswa dan modul untuk guru. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori
pengembangan 4-D Models (Four D models) dari Thiagarajan, Semmel dan
Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define, Design, Develop dan
Disseminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
dan wawancara. Data yang terkumpul diproses dan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa accounting electronic module berbantuan
program aplikasi accurate accounting V.5 dikategorikan sangat layak untuk
digunakan. Respon siswa juga positif karena dari aspek tampilan, penyajian dan
manfaat termasuk ketegori sangat kuat, sehingga meudahkan siswa untuk
mempelajari materi. Modul yang dikembangkan juga sangat efisien karena dapat
mencapai target alokasi waktu yang ditentukan dalam silabus dan siswa
memahami materi pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul
elektronik berbantuan program aplikasi Accurate Accounting V.5 untuk siswa
SMK Kelas XI program keahlian Akuntansi sangat layak digunakan. | in_ID |