• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Konseptual Pengukuran Kinerja Akademik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Perguruan Tinggi

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 13.pdf (173.1Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Arifin, Muhamad
    Dardiri, Ahmad
    Handayani, Anik Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, serta menyiapkan siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik, dan profesional, serta mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Peran penting lembaga pendidikan SMK juga diamanatkan oleh Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan bahwa lulusan SMK diarahkan pada tiga pilar utama yaitu bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), bekerja secara mandiri atau usaha sendiri dan, melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi terutama perguruan tinggi profesi atau vokasi (Depdiknas, 2003). Namun sesuai kenyataan sekarang banyak lulusan SMK yang memilih untuk studi lanjut ke jenjang Perguruan Tinggi (baik di Universitas, Politeknik, dan Institut). Berdasarkan studi awal yang dilakukan terkait data inputan penerimaan mahasiswa di Universitas didapatkan data bahwa sebanyak 39,25% dari lulusan SMA, 32,20% dari lulusan SMK, dan 5,19 % dari lulussan MA, dan 23,36% dari lain-lain. Banyaknya lulusan SMK yang melanjutkan studi di Perguruan Tinggi (Universitas), hal ini sangat bertolak belakang dengan tujuan didirikannya SMK, seharusnya mereka melanjutkan studi di Perguruan Tinggi yang berbasis profesi atau vokasi (Politeknik). Sehingga dalam paper ini akan dibahas terkait pengukuran kinerja akademik lulusan SMK yang studi lanjut di Perguruan Tinggi. Tujuan dari paper ini adalah 1) menjabarkan konsep pengukuran kinerja akademik mahasiswa; 2) menjabarkan indikator pengukuran pada setiap faktor yang mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa; 3) memberikan gambaran prosentasi lulusan SMK yang masuk di Perguruan Tinggi di se-Malang Raya; 4) menjabarkan desain penelitian yang akan dilakukan; 5) sebagai upaya masukan pada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (DPSMK) untuk kebijakan tentang peraturan lulusan SMK yang diperbolehkan untuk lanjut studi di Perguruan Tinggi; dan 6) sebagai bahan kajian konseptual ilmiah terbaru terkait pengukuran kinerja akademik mahasiswa. Kesimpulan dari paper ini studi konseptual pengukuran kinerja akademik mahasiswa dapat diukur berdasarkan perolehan indeks prestasi akademik dan non akademik, kemandirian belajar, kepribadian proaktif selama perkuliahan, kemampuan penyesuaian diri, dan pola berpikir mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7278
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV