• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancangan Pengembangan Web Based Learning Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian TKJ Pada SMKN Se Kota Malang

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 16.pdf (330.8Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Cholid, Angga Achmad
    Elmunsyah, Hakkun
    Patmanthara, Syaad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Hal ini terjadi juga di SMKN Se Kota Malang, terutama pada masalah mata pelajaran jaringan dasar. Jaringan dasar merupakan salah satu bagian penting pada paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Atas dasar ini, perlu dikembangkan produk media web based learning Alasan menggunakan pembelajaran berbasis web media pembelajaran ini dapat digunakan secara khusus sebagai alat bantu belajar di kelas maupun di luar kelas (belajar mandiri). Untuk menghasilkan produk pengembangan dan penelitian yang dilakukan uji coba oleh para ahli dan siswa. Subjek dipilih dalam pengembangan ini siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Penyajian dan analisis data diperoleh dari kegiatan uji coba produk, meliputi: (1) data hasil validasi ahli materi; (2) data hasil validasi ahli media; (3) data hasil uji coba kelompok kecil; dan (4) data hasil uji coba lapangan. Kesimpulan akhir dari pengembangan ini adalah media web based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman siswa, media ini memiliki kekhususan pada aspek-aspek penampilan menarik, tujuan pembelajaran, bahan ajar, soal latihan atau tugas, kuis, game, dan media web based-learning menyediakan alat kontrol guru untuk melihat kegiatan siswa belajar. Oleh karena itu media yang dirancang diharapkan mempunyai efektivitas yaitu nilai hasil belajar siswa yang semula rendah dapat ditingkatkan dan untuk efektivitas media diukur dari beda pre-test dengan post-test.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7281
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV