Pengembangan Karier Fungsional Guru Pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menemukan teori substantif
tentang: Pengembangan karier fungsional guru pada tiga Sekolah Dasar Negeri di
Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan rancangan multi situs. Pengumpulan data dengan teknik
wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
teknik induksi analitik yang dimodifikasi. Hasil penelitian pengembangan karier
fungsional guru pada tiga sekolah dasar meliputi: (a) kepala sekolah bersama guru
menyusun program pengembangan karier fungsional guru dan langkah-langkah
strategis untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan; (b) kepala
sekolah bekerjasama dengan kepala UPTD memprogramkan kegiatan pembinaan
pengembangan karier; (c) kepala sekolah dan kepala UPTD menginformasikan
kriteria penilaian pengembangan karier. (d) kepala sekolah bersama kepala UPTD
menyusun program alternatif pengembangan karier guru.