• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Negeri Karangpandan Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes)

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 22.pdf (86.05Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Sudibyo, Tegas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    “Peningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes) pada siswa kelas XII IPS 5 SMA NEGERI Karangpandan tahun 2015.”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan Model Belajar SAKADUMEN atau ONE CASE TWO MINUTES untuk meningkatkan prestasi belajar bidang studi ekonomi pada siswa kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan Kabupaten Karanganyar tahun 2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas khusus nya kelas XII IPS 5, dengan jumlah siswa yang dijadikan subyek penelitian sebanyak 36 siswa. Tulisan ini bertolak dari introspeksi yang peneliti lakukan setelah melakukan analisis hasil ulangan formatif yang diperoleh siswa kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan dimana tingkat kesalahan siswa dalam menjawab soal–soal menghitung fungsi permintaan dan fungsi penawaran dalam bidang studi ekonometri tidak mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Terutama siswa yang kesulitan mengerjakan soal Ujian Nasional atau setaraf untuk materi pilihan ganda. Dari introspeksi diatas, maka penulis berkeinginan untuk mencoba meningkatkan prestasi hasil belajar melalui pendekatan SAKADUMEN dengan menerapkan ONE CASE TWO MINUTES” yaitu siswa mampu mengerjakan soal ujian nasional atau setaraf dengan waktu dua menit dari tiga menit yang tersedia. Melalui penelitian tindakan kelas dapat diketahui bahwa penerapan SAKADUMEN ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat menghitung dan nilai hasil belajar pada siswa kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan Tahun 2015. Hal ini dapat di lihat dari semakin banyaknya siswa yang mampu menjawab soal perhitungan dengan Waktu DUA MENIT UNTUK SATU KASUS . Hasil survey yang dilakukan oleh peneliti terhadap minat siswa dalam menghitung angka-angka juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Secara klasikal nilai hasil belajar terjadi peningkatan dari kondisi awal pra siklus sampai siklus II dengan prosentase Setiap butir soal prosentase jawaban benar meningkat dari 52,65% s/d 85,35%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7288
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV