Peningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasan Lesson Study Pada Jurusan IPS MIPA dan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Tujuan artikel ini ingin mengetahui; 1) Model peningkatan pemahaman dosen terhadap lesson study sebagai model pembinaan pendidik untuk meningkatkan keprofesionalan 2) Peningkatan kualitas perkuliahan di prodi IPS, MIPA dan Biologi FKIP UMS. 3) Peningkatan kemampuan belajar mahasiswa pada aspek kognitif tingkat tinggi. 4) Sistem peningkatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Metode penulisan berbasis penelitian dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, paradigmanya definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro. Tempat penelitian di LPTK (FKIP-UMS). Informan penelitian; pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, dosen dan Mahasiswa UMS. Metode pengumpulan data: observasi, angket dan wawancara mendalam dengan teori fist order understanding and second order understanding. Metode analisis data: menggunakan proses alur yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan: 1) Model peningkatan pemahaman dosen terhadap lesson study dengan “workshop dan pelatihan”. 2) Peningkatan kualitas perkuliahan menggunakan sistem pendampingan perkuliahan berbasis lesson study; monev internal dan eksternal dan seminar hasil. 3) Peningkatan kemampuan belajar mahasiswa melalui implementasi PAKKEM, belajar tutor sebaya, kesiapan belajar mahasiswa, pembelajaran berbasis IT. 4) Sistem peningkatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif bagi mahasiswa dengan perkuliahan berbasis lesson study modifikasi.